Follow @audi_joshua

Selasa, 13 Juli 2021

Cara memikat hati pelanggan saat berbisnis

Apa yang anda pikirkan pertama kali mengenai kata memikat hati? Pasti kalian berfikir jika kalian menyukai lawan jenis pasti ingin rasanya memikat hatinya agar menjadi milik anda dan ketika anda mendapatkan hatinya maka anda senang bukan? 

Dalam menjalankan bisnis juga sama, semua pengusaha pasti menginginkan bisnisnya berjalan dengan sangat baik. Lalu bagaimana cara bisnis bisa berjalan dengan baik jika pelanggan tidak terpikat?

Agar bisnis Anda semakin lancar dan dikenal banyak orang maka anda juga harus memperhatikan pelanggan anda agar terpikat hatinya dan jangan berfokus pada produk yang anda berikan saja. Lalu bagaimana caranya agar pelanggan terpikat hatinya? Berikut ada beberapa cara yang harus kalian lakukan: 

1. Pengenalan bisnis 

Bagaimana seorang pasangan dapat saling memikat hati jika mereka tidak saling mengenal? Jika anda ingin dicintai maka perkenalkanlah diri anda dan bisnis anda terlebih dahulu kepada para pelanggan tujuannya untuk menarik perhatian dan membentuk first impresion yang baik terhadap pelanggan. Pengenalan yang baik akan memberikan cap yang baik juga.

2. Menghargai pelanggan 

Pernahkah anda mendengar customer berantem dengan penjual? Sering terjadi demikian jika kita tidak dapat menghargainya. Pembeli adalah raja, jika customer hanya bertanya - tanya jawablah dengan sebaik - baiknya, jika customer hanya bertanya namun tidak membeli maka anda tak usah berkecil hati dan lantas marah tetapi bersabarlah, jika pelayanan anda baik maka pelanggan akan kembali lagi mungkin untuk membeli dalam jumlah yang tak sedikit. 

3. Memberi reward 

Tahukah anda? Ada banyak pedagamg menjanjikan pelanggan hadiah yg menarik, bagus dan lucu - lucu diawal agar memikat hati pelanggan. Namun setalah hadiah itu diberikan maka seterusnya pelanggan tidak akan mendapatkan reward lagi dengan berbagai macam alasan dan kemudian pelanggan hilang berlari kelain hati. Maka dari itu pertahankanlah reward untuk pelanggan dengan begitu pelanggan akan merasa senang jika diberikan reward atas penjualan yang mereka dapatkan, reward tak harus berupa barang namun bisa juga potongan harga dengan begitu pelanggan anda tidak akan berpindah kelain hati. 

4. Mengucapkan terima kasih 

Tahukah anda jika ucapan terima kasih dapat membuat hati menjadi lebih di hargai? Perasaan kesal dan malas berbelanja itu akan timbul jika kata - kata ini tidak diucapkan setelah selesai bertransaksi loh, mengapa? Bayangkan saja ketika anda sedang berada di kasir kemudian anda telah selesai bertransaksi dan kasir tidak mengucapkan kata "terima kasih" dan langsung mempersilahkan pelanggan berikutnya bertransaksi, pasti anda akan merasa tidak dihargai dan menjadi kesal tentunya. Hal ini juga tentunya mempengaruhi bisnis anda berjalan dengan baik, maka dari itu selalu ramah terhadap pelanggan agar pelanggan setia terhadap anda. 

5. Mendengar dan mencoba memperbaiki 

Seringkali kita susah untuk mendengar masukan dari orang lain, karena kita terlalu egois untuk tidak menerima masukkan orang lain. Tetapi sifat egois seperti itulah yang harus kita hilangkan selagi kita berbisnis, karna pelanggan memberikan kritik dan saran itu gunanya untuk membangun perusahaan atau bisnis anda agar lebih baik lagi, bukan untuk menjatuhkan, jika memang tujuannya untuk menjatuhkan maka kita dapat melihat sisi positifnya saja. 

6. Mencintai pelanggan anda

Mencintai tak harus hal - hal yang kita sukai saja. Kita terkadang berfokus pada 1 hal yang menguntungkan kita saja dan lupa  untuk memuaskan pelanggan. Bagaimana jika pelanggan kita jorok, jelek dan buruk lainnya, pasti kita akan memperlakukannya dengan tidak baik tentunya, namun jika kalian melakukan itu maka anda salah, anda sendiri telah membuat jurang diantara anda dengan pelanggan anda, siapa tahu dia yang anda anggap jelek itu menguntungkan anda namun karna sifat anda yang hanya menyukai hal yang baik saja, pelanggan anda yang jelek itu mempengaruhi bisnis anda dan kehilangan 1 pelanggan setia anda maka anda menyesal. Maka dari itu ketika anda mencintai pelanggan anda harus memperlakukan dia sama dengan pelanggan yang lainnya, dari situ pelanggan anda akan tetap setia dan bisnis anda akan semakin meningkat. 


Jadi buat kalian para pembisnis, lakukan hal diatas yakin deh, pelanggan akan terpikat oleh bisnis yang anda jalankan. Kalian bisa mencoba untuk bisnis afiliasi oleh Taxsia yang akan membantu kalian untuk berbisnis dengan memikat para pelanggan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara sopan dan sesuai norma. Jangan menggunakan kata kasar, SARA ataupun ujaran kebencian. Mohon juga untuk tidak menyertakan link pada komentar.